Manajemen Gmail Dengan Lebih Dari 1 Akun

Beberapa dari kita mungkin memiliki akun email lebih dari satu untuk keperluan yang berbeda-beda, misalkan saja kita memiliki dua akun email, dimana akun yang satu untuk bisnis, dan akun satunya kita pakai untuk mendaftar ke berbagai social network dan berhubungan dengan teman-teman kita. Hal ini tentu tidak akan menjadi hal yang merepotkan jika kedua akun email tersebut berada pada penyedia layanan email yang berbeda (misal saja pada Yahoo dan Gmail). Maka dengan mudah kita bisa membuka keduanya pada saat yang bersamaan. Akan tetapi bagaimana jika kedua akun tersebut berada pada layanan email yang sama, Gmail misalnya, tentu hal ini akan merepotkan. Kita perlu logout dan kemudian login lagi hanya untuk mengecek apakah ada email masuk di email kita yang satunya.

Tim dari Gmail sendiri sebenarnya pada tahun 2010 yang lalu telah mengeluarkan sebuah fitur yang sangat bermanfaat dan dinantikan oleh beberapa penggunanya. Mereka menyebut layanan ini dengan nama “Multiple Sign-In”. Akan tetapi sepertinya masih banyak pengguna Gmail yang belum menyadari adanya fitur ini dan masih memakai cara konvensional jika ingin mengakses akun Gmail mereka yang satunya. Maka dari itu disini akan saya berikan sedikit tutorial bagaimana dapat mengakses dua atau lebih akun Gmail pada saat yang bersamaan dengan hanya satu browser tentunya.

Hal pertama yang perlu dilakukan tentu saja adalah login ke akun Gmail kita. Masuk ke web Gmail seperti biasa dan login seperti biasa pula. Setelah itu pada sebelah kanan atas pada bagian profile terdapat link yang bisa kita klik dan akan menampilkan tampilan seperti berikut

Pada gambar diatas terdapat sedikit penjelasan mengenai akun kita, seperti alamat email yang sedang kita pakai. Untuk dapat login ke akun yang kedua maka kita cukup mengklik tombol “Add Account” pada sebelah kiri bawah (seperti terlihat pada gambar). Setelah itu akan muncul tampilan peringatan seperti berikut.

Sebenarnya hal diatas lebih cocok dikatakan sebagai pemberitahuan daripada sebuah peringatan. Di sebelah kanan peringatan ini terdapat form login Gmail seperti biasa yang bisa kita pakai untuk login akun Gmail kedua kita. Setelah berhasil login, mari kita cek apakah kita berhasil login dengan akun kedua tanpa mempengaruhi akun pertama yang telah login sebelumnya. Kita bisa melihatnya pada bagian profil seperti yang kita lakukan pada awal tutorial ini untuk menambah akun baru. Maka akan tampil info seperti gambar dibawah ini

Jika anda melihat tampilan seperti diatas (tidak harus sama, setidaknya menyerupai) maka anda telah berhasil login dengan akun Gmail kedua anda. Pada bagian yang saya lingkari biru adalah detail akun yang baru saja saya pakai login (login kedua). Sementara informasi login pertama ada pada bagian bawah (lingkaran merah). Untuk dapat beralih ke email pertama tadi kita cukup klik saja nama email tersebut seperti yang terlihat pada gambar. Kita juga dapat melakukannya dengan cara membuka tab baru dan mengkliknya ditab yang baru sehingga sekarang kita memiliki dua akun Gmail yang terbuka secara bersamaan pada satu browser.

Sedikit tambahan, ada beberapa hal terkait fitur “Multiple Sign-In” ini yaitu :

  1. Tidak semua layanan Google mendukung fitur ini (seperti blogger dan picasa web album). Secara default anda akan diarahkan ke layanan dengan memakai akun Gmail yang pertama anda pakai untuk login tadi (selanjutnya disebut akun default) meskipun mungkin anda membuka blogger dari akun kedua anda.
  2. Layanan “Multiple Sign-In” masih belum mendukung untuk layanan Gmail dan Calendar Offline.
  3. Layanan ini hanya bisa diakses melalui browser desktop anda, layanan ini belum mendukung untuk browser mobile.

Sekian tutorial dari saya, semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan atau mungkin koreksi terkait tulisan ini bisa kita diskusikan bersama pada kolom komentar. Terima kasih.

Referensi :

http://gmailblog.blogspot.com/2010/08/access-two-gmail-accounts-at-once-in.html

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s