HTML5 Training for Mobile Apps Development

Alhamdulillah hari ini dapat kesempatan untuk ikut training pembuatan aplikasi mobile menggunakan html5 dan phonegap. Sebenernya sih udah lama kenal sama phonegap, mungkin memang karena dari dulu udah nunggu ini karena saya tidak terlalu suka dengan Java šŸ˜€ sehingga pas platform ini keluar dulu cukup excited. Akan tetapi karena ga ada temen yang bisa diajak diskusi akhirnya minat dan bakat perlahan terkikis sedikit demi sedikit #halah šŸ˜€

Phonegap

Training dimulai pada pukul 14.00 oleh sang tuan rumah yang baik hati yaitu mas Oon. Di lokasi training sudah ada Sarah dan Alfred yang juga ikut meramaikan training hari ini. Dan terima kasih sekali untuk Alfred yang telah berbaik hati menyediakan cemilan selama training. Tau banget kalau lagi koding tuh emang bukan jari dan otak saja yang kerja tapi juga mulut harus diajak kerja juga (ngemil sesuatu).

Training dimulai dengan pemasangan (bukan instalasi, karena emang ga di install) ADT (Android Development Tool) pada laptop masing2 dan sedikit eksplorasi dan pengenalan dengan Eclipse dan lingkungan kerjanya. Selanjutnya dilanjut dengan membuat aplikasi Hello World, aplikasi wajib programmer sebelum koding lebih jauh dan membuat aplikasi-aplikasi aneh memang selalu dianjurkan dan diajarkan untuk menyapa dunia terlebih dahulu šŸ˜€ šŸ˜› . Membuat aplikasi hello world sambil menunggu downloadan Phonegap. Ternyata sangat mudah dan cepat membuat aplikasi hello world ini di android (tutorial menyusul).

Kemudian lanjut membuat aplikasi menggunakan phonegap + html5 + jquery mobile + javascript. Hari ini diajarkan semua dasar-dasar untuk pengembangan aplikasi menggunakan phonegap ini, dan karena memang pengembangannya murni menggunakan html5 jadi konsepnya tidak jauh berbeda dengan saat kita mengembangan website juga. Saat ingin menambah sebuah acitivity baru ya tinggal tambah satu file html saja.

Beberapa hal yang berhasil saya lakukan hari ini antara lain adalah : (sedikit sombong nih ceritanya)

  • Hello world
  • Pembuatan aplikasi menggunakan Phonegap
  • Pasang plugin tambahan di Eclipse untuk syntax highlighter untuk file2 html dan css
  • Membuat aplikasi map sederhana menggunakan Openstreetmap dan leaflet.js
  • Menampilkan kompas (gagal karena ga muncul bentuk jarum kaya kompas biasanya)
  • Menampilkan detail divais yang dipakai
  • Learn by sample <– belum, rencana mau bongkar kode aplikasi Wikipedia yang dibuat pake phonegap juga

Dan beberapa hal lain yang saya sedikit lupa, yang pasti training hari ini sangat seru dan menyenangkan. Terima kasih sekali lagi untuk mas Oon, mas Alfred, Sarah dan Mbak Tutik yang juga ikut meramaikan suasana tadi. Terima kasih untuk berbagi ilmu dan cemilannya šŸ™‚

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s