Rainbow In The Night

Bulan januari dan selalu identik dengan hujan, apalagi bagi negara dengan dua iklim seperti indonesia. Dan hujan ini tidak selalu membawa berkah karena hujan tahun ini membawa cukup banyak air dan banjir pada beberapa wilayah seperti Manado dan Jakarta tentunya. Sampai ada salah seorang temanku yang bertanya tentang doa meminta hujan untuk berhenti. Setauku di islam tidak ada doa seperti itu, mungkin ya karena islam turun pada awalnya di Arab yang daerah gurun dimana hujan saja jarang disana, jadi masa iya sekalinya turun hujan ada yang minta berhenti.

Waktu kecil saat masih hidup dikampung, hal yang paling menyenangkan dan ditunggu saat turun hujan adalah pelangi. Hal paling menakjubkan yang ada di langit, mengalahkan kekagumanku dengan hal lainnya di langit, dilukis begitu sempurna dengan urutan warna yang tidak pernah salah dengan lengkungan yang begitu presisi membuatnya tampil begitu menawan. Dan seperti anak kecil lainnya, aku selalu penasaran dari mana datangnya pelangi ini, apakah kalau aku pergi menuju ujung pelangi itu aku akan tahu dari mana dia berasal. Di jakarta seperti sekarang ini sangat sulit atau bahkan bisa dikatakan mustahil untuk melihat pelangi, melihat bintang di malah hari saja gak bisa.

Normalnya pelangi itu muncul setelah hujan dan saat ada sinar matahari, kenapa demikian? Baca saja penjelasannya di buku pelajaran IPA anak SD. Tapi tentu saja ada yang menggelitik pikiran dan imajinasiku, bagaimana jika sinar matahari itu digantikan dengan cahaya bulan? Apakah pelangi masih akan ada? Jika memang ada apakah masih seindah biasanya? Hal yang cukup menyenangkan untuk membayangkannya, melihat sebuah pelangi di malam hari.

Jika merujuk pada wikipedia maka istilah atau nama lain dari pelangi malam ini adalah Moonbow, istilah yang paling umum, dan beberapa istilah lain yang juga biasa dipakai seperti lunar rainbow, black rainbow, white rainbow, lunar bow, ataupun space rainbow. Penjelasan lebih detail tentang si moonbow ini mungkin akan aku tulis pada tulisan selanjutnya dengan merujuk pada berbagai sumber, semoga bukan wikipedia saja.

Oke segitu saja sedikit preview tentang pelangi malam, dan aku disini masih dan selalu menunggu untuk dapat melihatnya suatu hari nanti, entah dimana itu dan kapan aku tak tahu, tapi semoga aku dapat melihatnya

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s