Tips Nulis CV ala GUE

Tiba-tiba ditanya junior gimana caranya nulis CV, gimana ya? gue juga bingung, selama ini cuma liat-liat cv punya orang, terutama bule-bule, bosen aja sih liat cv orang indonesia, monoton semua dan panjangnya naudzubilah. Dari hasil liat-liat cv bule itu kemudian gue bisa ambil beberapa persamaannya dan gue rangkum jadi tips disini. Sebelum masuk ke tipsnya, sebenernya gue mengkategorikan CV kedalam dua kategori, ini murni menurut gue, gak pake referensi buku atau web manapun.

1. Yang pertama untuk diri sendiri, disini semuanya tertulis lengkap, mulai dari pengalaman organisasi yg cuma staff, jadi panitia biasa di kepanitiaan suatu acara, sampai semua yang gede2 masuk di cv ini. Selain untuk arsip data riwayat yang lengkap juga untuk menghargasi setiap usaha yang kita lakukan, sekecil apapun itu. Sehingga pada cv ini isinya bisa panjang banget dan gak terbatas.
2. Yang kedua adalah CV yang dibuat untuk tujuan khusus, misal untuk daftar beasiswa, daftar organisasi, lamar kerja, lamar anak orang #eh. Sebagian orang ada yang memakai cv pertama untuk tujuan2 khusus itu, dan menurut gue itu blunder besar terutama jika CVnya itu panjang banget kaya jalan pantura. CV kedua haruslah spesifik, untuk tujuan berbeda isinya juga harus berbeda. CV ini juga harus dibuat seminimal mungkin tapi tetap tidak mengurangi isi dan maknanya.

Nah itu dua jenis CV menurut gue, dan ini dia tipsnya untuk menulis CV, yang jenis nomer dua tentunya

1. Jelasin secara singkat tentang diri lo dan kenapa lo sesuai dengan apa yang lo lamar/tuju
2. Berikan alamat lengkap, nomer telepon, email dan website pribadi (kalau ada)
3. Info pribadi cukup yang penting saja yang terkait tujuan awal pembuatan cv
4. Untuk pengalaman organisasi, hindari hanya menuliskan posisi dan tahunnya saja, usahakan untuk menulis juga apa yang telah dikerjakan selama di organisasi tersebut, dan apa yang didapat
5. Untuk seminar/pelatihan/workshop juga sama seperti organisasi, tulis apa yang telah dipelajari dan didapatkan selama seminar/pelatihan/workshop tsb
6. Foto, lampirkan jika memang diminta, CV standar internasional jarang ada yang pakai foto menurut gue, tapi di Indonesia, hampir semuanya pakai secara default.
7. Usahakan untuk membuatnya hanya dalam 1 lembar saja, maksimal 2 lembar
8. Lihat lagi CV punya orang lain sebagai referensi, di google banyak yang sharing CV mereka, yang paling menarik menurut gue adalah CV graphic designer karena CV mereka didesain dengan sangat bagus dan berhasil memuat semua informasi tersebut hanya dalam satu halaman.

Oke segitu dulu tips yang gue inget, lain kali gue tambah kalo ada tambahan lagi atau mungkin gue nemuin sesuatu yang unik dari CV yang gue liat, selamat menulis CV.

2 thoughts on “Tips Nulis CV ala GUE

    1. Wah keren sekali websitenya mas, sedikit tambahan saran saja nih 🙂
      1. Ditambah lagi templatenya
      2. Kolom khusus portofolio (misal portofolio web/aplikasi yang pernah dibuat)
      3. Tombol preview untuk melihat perubahan yang sedang dibuat sebelum benar-benar disimpan.
      Semoga websitenya bisa semakin maju kedepannya 🙂

Leave Your Comment Here :)

