Grup Sebelah

Sering kali gue dapetin BM (Broadcast Message) di aplikasi messenger di hape gue dengan awalan “Dari Grup Sebelah … ” atau “Numpang share dari grup sebelah … ” ada yang aneh?

Tentu saja aneh, gue mana tau grup sebelah si pengirim itu grup apa? kenapa gak bilang saja dari Grup Maho misalnya atau dari grup Kebo kan lebih enak dibacanya dan kalau gue mau sebarin lagi ke orang lain gue jadi tau itu pesan sebelumnya dari grup apa daripada hanya sekedar dari “Grup Sebelah”

Semakin mudahnya seseorang dalam mengirimkan pesan-pesan itu membuat mereka kadang tidak mengecek isi dari pesan secara keseluruhan atau mungkin tidak mengetahui validasi dari informasi tersebut sehingga tidak jarang mereka langsung saja melakukan broadcast begitu diminta, dan ini bisa gue katakan sebagai penyebab kenapa HOAX bisa begitu cepat menyebar sekarang ini.

Balik lagi ke topik, buat kalian yang gak sengaja baca tulisan ini coba deh mulai dari sekarang tiap kali mau broadcast pesan atau apapun itu untuk mengubah awalannya, tulis dengan jelas sumbernya dari mana kecuali kalau memang benar dari grup yang bernama “Grup Sebelah”. Jika pesan itu awalannya memang dari grup sebelah, usahakan untuk bertanya pada si pengirim, ini dari grup apa? setiap grup pasti ada namanya kan. Dengan sedikit hal kecil seperti ini kita bisa mengurangi resiko tersebarnya HOAX atau kita bisa mempertanggungjawabkan apa yang telah kita sebarkan

Leave Your Comment Here :)

