Menilai Seseorang

Selama seminggu terakhir mendapatkan kesempatan untuk ikut training product di kantor. Lumayan dapet makan siang gratis, kopi dan jajan selama training, perbaikan gizi di akhir bulan. Ada banyak hal menarik selama training, mulai dari bahasanya yang wajib inggris karena trainernya dari singapur yang cuma ngerti dikit bahasa melayu, mencoba memahami produknya dan menjadi kritis selama training dengan memberikan berbagai pertanyaan seputar produk. Namun yang paling penting adalah selama training terdapat beberapa bos yang ikut menemani juga. Kesempatan untuk belajar dari mereka yang lebih senior di kantor.

Selama training tidak jarang sering ngobrol dan diskusi dengan para bos ini. Satu hal yang berhasil aku tangkap adalah, jika kamu ingin jadi atasan maka mau tidak mau kamu harus bisa menilai mereka yang ada disekitarmu. Ini penting, karena jika sudah jadi atasan dan kita tidak tahu dengan detail tentang tim yang dipimpin maka akan sulit untuk mengembangkan kemampuan mereka dan mengerti apa yang mereka inginkan.

Sejujurnya aku tidak terlalu suka jika harus menilai seseorang. Aku lebih suka mengamati mereka semua tanpa pernah membuat kesimpulan bagaimana sifat dan kepribadian mereka secara umum. Aku lebih suka berfikiran positif tentang mereka semua. Akan tetapi semua berubah semenjak negara api menyerang, halah. Tentu saja ada kalanya kita memang harus menilai sesuatu atau seseorang dan saat ada orang lain bertanya tentang pendapat kita terhadap orang lainnya maka kita sudah punya jawaban yang pasti untuk hal tersebut.

Mulai sekarang mungkin akan lebih banyak lagi untuk mendengar, mengamati dan menilai. Dan tentu saja hasil penilaian ini 100% subjektif dan akan tersimpan di kepala saja sampai ada yang menanyakannya. Dengan menilai orang lain setidaknya bisa membuat diri sendiri menjadi lebih baik tanpa bermaksud untuk merendahkan orang lain tersebut.

Seni menilai seseorang, hal baru yang sepertinya akan menarik.

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s