Screenshorts and Blogging

Screenshorts adalah istilah yang dipakai untuk screenshot yang berisi tulisan, quote ataupun catatan tertentu yang kemudian dibagikan via media sosial. Screenshorts ini cukup booming terutama di twitter dan instagram dimana jika di twitter postingan dibatasi maksimal hanya 140 karakter maka dengan screenshorts ini hal tersebut bisa diatasi. Screenshorts ini juga berguna jika kita ingin membagikan tulisan via Instagram karena seperti kita ketahui bersama bahwa instagram adalah tempat berbagi foto, bukan tulisan.

screenshorts
screenshorts

Screenshorts ini cukup banyak dan sering digunakan oleh kalangan artis atau mereka yang memiliki follower cukup banyak. Mereka memilih metode ini untuk berbagi catatan ataupun quotes. Banyak yang berpendapat bahwa screenshorts ini lebih menarik dan efisien daripada blogging.

Alasan pertama karena kita tidak perlu membagikan link ataupun url blog kita via media sosial. Jika kita kita hanya membagikan link atau url maka kita berharap orang lain akan mengklik link tersebut. Hal ini tidaklah praktis karena kemudian orang tersebut akan dibawa ke halaman lain hanya untuk membaca isi dari tulisan yang ingin kita bagikan. Berbeda dengan screenshorts karena orang tersebut bisa langsung tau dan membaca isi dari apa yang ingin dibagikan tanpa harus berpindah ke halaman lain.

screenshorts
screenshorts

Alasan kedua karena gambar lebih menarik daripada tulisan. Gambar lebih mudah menarik perhatian daripada tulisan, walaupun tentu saja isinya adalah tulisan juga akan tetapi hal yang kita bagikan di media sosial tersebut adalah gambar

Alasan ketiga karena Unik, ya unik dan tentu saja menarik. Tentu saja lebih menarik melihat gambar berisi tulisan daripada melihat link yang panjang ataupun yang sudah dipendekkan dan membuat kita penasaran mau diarahkan kemana kita setelah mengklik link tersebut. Unik juga karena kita bisa pakai media apa saja untuk menulis untuk kemudian diambil fotonya atau screeshotnya untuk dibagikan via media sosial

Kemudian muncul pertanyaan, bagaimana nasih blogging kedepannya? apakah blogging akan mati secara perlahan dengan munculnya hal ini? menurut gue tidak, ada segmentasi penggguna dan pembaca tersendiri antara blogging dan screenshortsing ini.

screenshorts
screenshorts

Pengguna screenshorts cenderung adalah mereka yang lebih aktif di media sosial dan memiliki cukup banyak follower sementara pengguna blog adalah mereka yang memang gemar menulis dan berbagi opini disertai imajinasi seperti gue hahaha 😀

Pembaca screenshorts juga adalah mereka yang aktif di media sosial dan lebih suka hal yang singkat dan padat. Sangat berbeda dengan para pembaca blog yang relatif lebih beragam. Gue sendiri suka membaca blog karena tulisan dari setiap blogger yang berbeda dan unik.

Saat ini screenshorts lebih banyak dipakai untuk berbagi quotes ataupun catatan singkat yang lebih dari 140 karakter. Berbeda dengan blog yang berisi tulisan yang cukup panjang disertai opini dan imajinasi tanpa batas oleh penulisnya.

Jadi mari menikmati saja apa yang sudah ada, retweet atau regram screenshorts yang menarik kemudian tuliskan hal-hal lain yang lebih panjang di blog

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s