Smartphone Addict

Smartphone, namanya ada embel-embel smart didepannya jadi dia pasti pintar dan bisa mengerjakan berbagai macam hal. Akan tetapi karena kemampuannya yang “pintar” inilah tidak jarang kita jadi malah bergantung kepadanya.

Saya terkadang juga jadi sebal ketika sebentar-sebentar harus mengecek layar smartphone hanya untuk melihat ada atau tidaknya notifikasi baru yang muncul. Jika ada dan dirasa penting maka mau tidak mau harus segera membuka kunci smartphone dan melihat detail dari notifikasi tersebut.

Saat dikantor dan bekerja didepan laptop pun saya masih suka meliriknya hanya untuk melihat ada tidaknya notifikasi baru. Sampai akhirnya saya menemukan cara untuk memindahkan semua notifikasi tersebut ke layar laptop, aha sangat menyenangkan, sekarang saya bisa sedikit mengurangi kebiasan meliriknya dan bisa lebih fokus bekerja didepan laptop.

Hal kedua yang membuat ketergantungan saya terhadap dirinya berkurang adalah dengan mengganti kunci layar dengan yang lebih kompleks, dalam hal ini saya memilih menggunakan password daripada pola ataupun pin yang lebih sederhana

Hal ini sebenarnya diawali dari paksaan karena saat mengintegrasikan email kantor ke smartphone maka smartphone akan dipaksa untuk mengganti beberapa pengaturan standartnya salah satunya kunci layar ini agar lebih aman katanya. Cuma ada dua opsi yang bisa dipilih yakni pin atau password dan saya memilih password.

Pada akhirnya hal ini membantu saya untuk mengurangi ketergantungan terhadap smartphone karena setiap kali saya melihat smartphone dan harus membukanya saya menjadi terlalu malas karena harus memasukkan password yang cukup panjang dengan kombinasi huruf, angka dan simbol 😀 jadi jika saya rasa tidak ada yang terlalu penting maka saya tidak akan membuka smartphone lagi.

Leave Your Comment Here :)

