Tema Presentasi

Hal kedua yang saya paling perhatikan dari sebuah presentasi setelah isi materinya adalah tema yang digunakan. Tema ini menjadi penting karena akan menjadi pendukung dari isi materi itu sendiri. Tema ini bisa berupa background, kombinasi warna, pemilihan font atau typhography, font dan efek atau animasi.

Ada cukup banyak teori tentang bagaimana melakukan presentasi yang baik, dan saya tidak akan membahasnya disini 😛 Saya hanya akan membicarakan tentang tema atau template dari presentasinya saja.

Ada cukup banyak pilihan untuk menggunakan tema presentasi, mulai dari tema bawaan pada aplikasinya, download dari website resminya, download dari website pihak ketiga, ataupun membuatnya sendiri

Saya sendiri dalam menentukan tema apa yang ingin dipakai biasanya tergantung dari 2 hal yakni tingkat kepentingan presentasi tersebut dan waktu yang diberikan untuk membuat materi dan slide presentasinya, tapi lebih condong ke waktu sebenarnya.

Jika ada waktu yang cukup banyak maka saya lebih memilih untuk membuat sendiri, selain karena bisa bebas berkekspresi saya juga jadi lebih percaya diri saat mempresentasikannya. Apalagi jika sampai para pendengar mengapresiasi apa yang telah kita presentasikan

Saya pernah sekali mendapat apresiasi tersebut yakni saat presentasi skripsi S1. Saya punya cukup banyak waktu saat itu untuk membuat slide presentasinya, sekitar 2minggu. Sementara materi dan isi slidenya telah siap maka waktu 2minggu tersebut akhirnya saya habiskan untuk berkreasi membuat tema presentasi yang sesuai dengan skripsi.

Dan di akhir presentasi dosen pengujinya bertanya “Slidenya bagus, dapat darimana? ” Seketika itu pula saya langsung sumringah dan menjawab dengan tersipu malu #halah “Saya buat sendiri”, sementara Dosen pembimbing yang tahu tentang slide itu langsung menimpali “Iya katanya dia butuh waktu 2minggu hanya untuk bikin slide ini” dan si Dosen penguji kembali bertanya “Benarkah? Boleh saya minta slidenya?” Perasaan yang tak bisa diungkapkan dengan kata-kata, kerja keras 2minggu terbayar dengan nilai A pada ijazah hahahaha.

Mungkin nanti jika ada waktu saya akan bagikan tema-tema presentasi yang pernah saya buat sendiri, ya daripada nganggur saja di laptop mending dibagi, siapa tahu ada yang membutuhkannya

Leave Your Comment Here :)

