Anime Summer 2015 Review

Wake me up when september ends.

Bulan september sudah mau berakhir dan anime-anime summer pun juga ikut mengakhiri episode-episodenya. Tercatat ada 6 seri anime yang gue ikutin di musim ini dari awal sampai akhir dan ada beberapa juga yang berhenti di tengah jalan.

Sebelum masuk ke review utamanya, mari kita awali dulu dari anime-anime yang gue berhentikan di tengah jalan sebagai pemanasan. Tercatat ada 3 judul yakni GATE, Ushio To Tora, dan Dragonball Super.

GATE sebenarnya memberikan impresi yang cukup menarik diawalnya dengan ide cerita yang cukup unik, dan animasi yang menarik, akan tetapi dari 3 episode awalnya gue gak menemukan sesuatu yang akhirnya bisa membuat gue untuk lanjut mendownload episode-episode selanjutnya, tak ada yang bikin penasaran ataupun ketagihan. Hal yang sama berlaku juga dengan Ushio To Tora, nothing interesting dari judul anime ini selain animasinya yang cukup unik yang mengingatkan dengan anime tahun 90-an. Untuk Dragonball Super sedikit ada rasa kecewa karena ternyata alur ceritanya sama seperti yang ada di Film Battle of Gods, hanya dibuat lebih panjang saja dan dengan animasi yang lebih buruk.

Lanjut ke review utama, ya seperti sudah gue sebutkan sebelumnya, ada 6 anime yang gue tonton yakni Gangsta, God Eater, Charlotte, Non Non Biyori Repeat, Prison School dan Ore Monogatari. Ya Ore Monogatari, meskipun bukan termasuk anime summer tapi karena musim ini masih ditayangkan dan berakhir di musim ini jadi gue masukkan saja ke list review ini, jadi gak usah protes 😛 List berikut sudah gue urutkan secara subyektif dari yang paling jelek sampai yang paling bagus. Mari kita mulai

6. God Eater

God-Eater-00-Subtitle-Indonesia

Anime adaptasi dari game dengan judul yang sama. Dikerjakan oleh studio Ufotable. Ekspektasi dan harapannya sudah terlanjur diset terlalu tinggi untuk anime ini dan akhirnya mengakibatkan kekecewaan yang berulang-ulang dan berkelanjutan sepanjang musim. Mulai dari episode yang kena delay, detail animasi yang berantakan dan alur cerita yang lempeng saja.

Lagu opening sama ending juga tidak terlalu memikat di telinga, meskipun begitu gue masih tetap bertahan untuk menontonnya sampai akhir (episode 9). Dan ternyata belum selesai di episode 9, padahal sebelumnya ada rumor yang menyebutkan bahwa anime ini akan ditamatkan secara paksa di episode 9, tentu saja karena slot tayang di TVnya sudah habis dan mau diganti anime baru di musim baru. Kabar terbaru menyebutkan bahwa pihak Ufotable akan tetap menamatkan anime ini secara terhormat, dan demi misi tersebut akhirnya untuk episode selanjutnya akan dilanjutkan di musim dingin mulai Januari 2016 mendatang.

Semoga tidak ada delay lagi di episodenya dan ada kejutan menarik di ceritanya.

5. Ore Monogatari

Ore-Monogatari

Seperti gue bilang diatas, ini bukan termasuk anime summer sebenarnya akan tetapi karena musim ini masih lanjut episodenya dan tamat di musim ini jadi ya gue masukin aja ke list ini.

Animenya sendiri bercerita tentang Gouda Takeo, seorang anak SMA kelas 1 yang memiliki tinggi hampir 2 meter dan muka menyerupai Gorilla :D. Sejak kecil dia selalu gagal dalam hal percintaan karena semua cewek yang dia suka malah lebih memilih temannya, Sunakawa Makoto yang lebih ganteng dan keren, meskipun akhirnya si Suna ini juga nolak semua cewek. Sampe akhirnya Takeo bertemu dengan Rinko Yamato, dan …… lihat sendiri sisanya 😛

Secara cerita sebenarnya biasa saja, hanya saja jokes-jokes yang ada di setiap episodenya sangat mengena, terutama buat para jomblo 😛 episode 1 sampai 3 berhasil membuat gue bertahan dan memutuskan untuk melanjutkan nonton sampai akhir, meskipun terkadang pada beberapa episode jokesnya terasa garing dan hambar.

Lagu opening dan endingnya cukup bagus, terutama endingnya, gue sangat suka. Silahkan didengarkan sendiri lagu endingnya jika penasaran

4. Prison School

prison-school

Anime paling absurd musim ini, sukses bikin horny ketawa di setiap episodenya :D. Dapet rekomendasi dari senior, kemudian coba nonton 3 episode awal dan langsung ketagihan hahaha. Meskipun terkadang juga pasti ada momen garingnya dan jokes ecchi yang terasa terlalu lebay dan dipaksakan tapi dengan alur cerita dan pembawaan yang cukup menarik, hal tersebut dapat dimaafkan.

Lagu openingnya tidak begitu enak ditelinga gue, sementara endingnya cukup oke, dimana para seiyuunya sendiri yang membawakannya, cukup nge-beat dan bikin semangat sambil membayangkan kena hukuman dari wakil ketua OSIS belakang 😀

3. Gangsta

gangsta

Anime penuh darah dan gelap di musim ini. Cerita bersetting di sebuah kota yang dihuni oleh banyak Gangster yang ternyata bukan manusia “normal”. Adegan berantemnya sangat keren dimana si karakter utamanya hanya pakai katana, gue selalu suka pemakai katana. Musik pengiring di setiap episodenya juga dikemas dengan baik untuk menambah kesan gelap di anime ini, efek suara seperti hujan, pistol dan ledakan juga berhasil disajikan dengan sangat baik.

Lagu opening tidak terlalu mengena, sementara endingnya lumayan bikin galau, padahal ini kan anime berantem dan gangster tapi kenapa endingnya begini? dan gue sempat berpikir mungkin nanti bakalan dibikin sad ending jika dilihat dari lagu endingnya ini. MV dari endingnya bisa dilihat Annabel – Yoru no Kuni

Awalnya gue sempat ingin menaruh anime ini di posisi 2, tapi setelah lihat endingnya, aah sudahlah akhirnya gue taruh di posisi 3 saja hahaha 😛

2. Charlotte

charlotte

Kasusnya hampir sama seperti God Eater dimana ekspektasi dan harapan yang terlalu tinggi sudah terlanjur diberikan kepada anime ini. Nama Jun Maeda yang sebelumnya sukses bikin termehek-mehek dengan Angel Beatsnya diharapkan dapat mengulangi hal yang sama atau bahkan lebih pada anime ini.

Akhirnya takdir berkata lain, 1 episode merubah segalanya, gak perlu gue sebutin episode yang mana, tonton sendiri biar tahu :P. Sebenarnya semuanya sudah oke, mulai dari alur cerita, pengembangan karakter, Jun Maeda sudah belajar dari kesalahan sebelumnya di Angel Beats dimana terdapat terlalu banyak karakter dan menguranginya di anime ini menjadi hanya 5 dan difokuskan pada mereka. Akan tetapi ya itu tadi, 1 episode yang sepertinya ditulis Jun Maeda saat sedang mabuk atau entah apa berhasil merubah segalanya.

Meskipun begitu, gue tetap suka dengan anime ini, animasi dan soundtracknya sangat oke. ZHIEND? siapa ZHIEND? gue kira ini band fiktif 😀 pertama kali dengar lagunya langsung suka, gila bisa banget ngepasin momen di anime dan lagunya. Lagu opening dan ending juga merupakan yang terbaik dari list anime di musim ini. Link downloadnya? cari sendiri 😛

1. Non Non Biyori Repeat

Non Non Biyori Repeat Episode 1 Subtitle Indonesia

Wohooo akhirnya tanpa ragu-ragu lagi predikat anime terbaik musim ini gue berikan kepada Non Non Biyori Repeat. Ren-chon dan Natt-sun berhasil membuat gue kangen kampung halaman, suasana pedesaan, hijaunya sawah, cahaya kunang-kunang sampai mandi di sungai.

Animasi yang luar biasa diiringi efek suara yang sangat bomba membuat anime ini begitu nyaman di mata dan telinga. Jokes-jokes yang disajikan juga sangat menarik, membuat gue semakin kangen masa kecil. Gue masih inget episode dimana Ren-chon berubah menjadi boneka anti-hujan demi agar bisa naik sepeda barunya berhasil membuat gue ketawa-ketawa sendiri malem-malem.

Lagu opening dibawakan oleh Nanoripe, sementara endingnya sama seperti Prison School dibawakan oleh para seiyunya. Awalnya gue lebih suka openingnya karena denger suara unik dari vokalis nanoripe 😀 tapi setelah didenger berulang-ulang ternyata endingnya lebih oke, lebih bisa bikin gue inget lagi sama Ren-chon dan Natt-sun 😀

Jadi itulah sedikit review dari beberapa anime musim panas yang gue tonton, mari sekarang lanjut ke musim gugur dan siapkan listnya.

Leave Your Comment Here :)

