Oom-Oom di Malam Tahun Baru

Seperti juga bagi Anda, Tahun Baru dan Hari Raya atau hari-hari penting lainnya selalu merupakan momentum spesial bagi saya, melebihi hari ulang tahun saya sendiri.

Kalau Idul Fitri Menjelang, kalau keriuhan pergantian tahun mulai membayang, mulailah saya masuk ke bilik persembunyian. Bengong sendirian, kethap-kethip memandangi atap. Kalau saya seorang resi, saya akan bilang bahwa saya sedang bersemedi. Kalau saya kiai, saya katakan saya berzikir. Tetapi karena saya hanya saya, maka ya hanya kethap-kethip itu.

Pada hari Idul Fitri, jarang warung buka. Pada pergantian tahun, warung-warung cepat habis dan restoran-restoran membuka acara khusus. Maka, saya siapkan saja makanan dan minuman tertentu di kulkas. Tetapi berhubung kulkasnya tidak ada, maka ya saya tidak menyimpan makanan apa-apa.

Tahun baru Masehi makin dianggap dan memang berlaku internasional, meskipun ia hanya sebuah versi seperti halnya Tahun Baru Jawa atau Islam. Apa kata akal sehat anda?

Terompet memekik-mekik, ratusan ribu liter bensin dibeli dan dihabiskan tidak untuk produktivitas dan kreativitas. Penyiar-penyiar teve matanya begitu sempit melihat hidup sehingga hanya sibuk dengan “Ramai atau tidak disana? Ada jenis hiburan apa? Hujan deras, ya? ” Satu Januari itu titik macam apa dalam peta metabolisme natur, budaya, nilai-nilai, sejarah, dan nasib mereka, sehingga Tahun Baru menjadi sedemikian penting? Kalau “tahun baru” saya adalah setiap bulan purnama, karena katuranggan nabi saya adalah Nabi Yusuf …..

“Ente sendiri yang goblok! Ente sudah terlempar out of culture. Bangsa kita ini diam-diam punya kesedihan yang mendalam. Mereka butuh hiburan, dan hura-hura macam itulah satu-satunya hiburan yang mereka kenal. Ente jangan ajak seluruh anak bangsa ini kesepian seperti ente!” tiba-tiba kawan saya memaki.[]

— diketik ulang dari Buku “Surat kepada Kanjeng Nabi” halaman 80-82 karya Emha Ainun Nadjib

Leave Your Comment Here :)

