Anime Fall 2015 Review

Udah lewat seminggu dan anime Winter udah pada mulai tayang, tapi okelah tidak masalah daripada tidak sama sekali. Anime Fall kali ini yang masuk dalam review hanya sedikit karena ada 2 anime yang ternyata belum mau untuk tamat di akhir tahun kemarin. Dua anime tersebut adalah Gakusen Toshi Asterisk (Asterisk War) dan Gundam : Iron Blooded Orphans.

3. Subete Ga F Ni Naru

Sebenernya ini termasuk salah satu anime yang hampir gue DROP juga musim kemaren, alesannya karena di awal2 episodenya alurnya terlalu lambat dan gak tau akan dibawa kemana konfliknya. Sampai akhirnya gue terdampar di beberapa forum diskusi terkait anime ini dan mulai menemukan titik terangnya. Genrenya mistery dan ada sedikit unsur teknologi didalamnya yang membuat gue tertarik, juga spoiler dari scene endingnya yang cukup geek. Misterinya disini tidak semonoton seperti anime misteri satunya yang juga tayang musim ini (Sakurako-san) dimana misterinya muncul di episode itu dan langsung solved juga di episode yang sama kemudian di episode berikutnya ada misteri lain lagi dimunculkan. Kasus di anime ini cuma satu secara garis besar dan itu dibahas dari awal sampai akhir musim.

tv subete ga f

Satu hal lagi yang seolah membuat anime ini begitu menarik adalah dia seolah mengajak kita untuk ikut memikirkan kasus yang muncul tersebut, banyak clue ditampilkan tapi sang karakter utama tidak membicarakannya secara langsung lewat dialog. Sebuah petunjuk kecil yang ditampilkan di sebuah episode baru akan dibahas atau dipertanyakan pada episode berikutnya. Misteri didalam misteri, misteriception :D. Anime ini sangat recommended untuk kalian yang bosan dengan anime misteri 1 episode seperti yang saya sebutkan diatas. Ketika menontonnya cobalah untuk ikut memperhatikan hal-hal kecil yang ditampilkan (seperti misalnya saja alat jahit, spoiler dikit 😛 ) karena itu yang membuat anime ini menjadi begitu seru.

2. One Punch Man

Oke gue setuju, ini adalah anime paling rame musim ini, paling banyak dibicarakan, dan tentu saja paling banyak menyita perhatian. Tema yang diangkat juga cukup menarik, seorang pahlawan yang bosan karena terlalu kuat sampai 1 pukulan saja bisa menghabisi semua lawannya. Jadi yang dibahas kemudian adalah hal2 disekitar pahlawan itu, pahlawan yang namanya Saitama. Mulai dari musuhnya, pahlawan lain, sampai kota tempat dia tinggal. Tentang dia sendiri? Cuma dibahas ala kadarnya.

One-Punch-Man

Banyak komedi di anime ini dan banyak juga pelajaran hidup yang disisipkan. Komedinya sendiri terkadang terasa garing dan membosankan karena polanya yang diulang-ulang tapi overall cukup lumayan untuk menjadi hiburan dikala senggang. Pelajaran hidupnya? Lakukan semuanya dengan ikhlas. Quotenya sendiri cukup banyak, ada yang dibawakan dengan muka serius dan ada pula yang disebutkan dengan muka datar.

Oh iya satu lagi, untuk animasinya gue setuju dengan masyarakat penikmat anime kebanyakan bahwa animasinya memang luar biasa dan keren. Yaaah kata studionya sih animasinya dikerjakan dengan penuh cinta, tidak seperti anime lainnya, eh.

1. Noragami Aragoto

Anime paling oye yang gue tonton musim kemaren jatuh kepada Yato-gami, awalnya mau kasih ke Hiyori tapi setelah insiden kembang api, aaah sudahlah.

Noragami-Aragoto

Ini season kedua, dan jujur saja season pertamanya gue belom nonton, dan beberapa review diawal mengatakan bahwa tidak perlu nonton season pertama dulu dan oke gue ikutin apa kata mereka. Episode pertama terasa campur aduk antara bingung, absurd, keren, dan penasaran. Bingung karena cerita langsung mengalir begitu saja, absurd dengan sedikit ritual pembasmian siluman dan efek ketika dihancurkan, keren dengan adegan battle dan temannya yang bisa berubah menjadi senjata, dan akhirnya penasaran dengan episode berikutnya. Ah iya kelewat satu lagi, liat bishamon mandi jadi …….. Ah sudahlah lupakan.

Ada sisipan suara angklung di background musicnya jika kalian peka, dan ada insiden Adzan juga yang tidak disengaja oleh komposernya. Background music memang menjadi nilai plus tersendiri di anime ini karena memang sangat keren dan berhasil membawa pemirsa masuk kedalam cerita dan suasana. Seperti adegan kembang api yang berhasil bikin gue hampir melempar laptop dari lantai 7, untung gue inget kalau itu laptop kantor, huft.

Konsep ceritanya juga gue suka, seorang dewa gak terkenal yang berjuang agar tidak dilupakan karena jika dia dilupakan maka dia akan menghilang, dan karena gak terkenal itu dia jadi tidak punya kuil di bumi dan membuatnya tidak bisa jalan-jalan ke surga untuk sekedar menyapa bishamon yang lagi mandi.

Endingnya? Sial sekali karena gue kena kutukan spoiler oleh ababil ababil gak bertanggung jawab yang berkeliaran di forum, lagi asik baca diskusi dan dengan santainya mereka menebar berbagai spoiler tentang cerita selanjutnya yang diambil dari manga yang gak sengaja ikut terbaca oleh gue. Huft meskipun pada akhirnya gue tetep menikmati endingnya, dan di endingnya setelah lagu yang cukup ear-catching ada sedikit scene yang seolah bilang “Nantikan kehadiran gue di season 3”.

Advertisements

Leave Your Comment Here :)

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s